Monday, 20 October 2014

Pesona Alam Nusa Penida yang Tersembunyi

Tebing dengan luabang menganaga menjadi keunikan Pasih Wug

Saya masih belum yakin siang itu apakah jadi menyebrang ke Nusa Penida karena satu dari teman kami mengabarkan batal ikut karena ada acara mendadak, ditambah lagi beberapa hari ini angin sedang kencang jadi gelombang laut juga pasti akan lumayan tinggi. Benar saja, saat tiba di pantai Sanur terlihat buih-buih putih dianatara birunya laut yang menandakan gelombang saat itu cukup besar. Penyebrangan ke Nusa Penida kami ditempuh dari Pantai Sanur mengarah ke tenggara pulau Bali dengan menggunakan speed boat ukuran sedang dengan kapasitas sekitar 40 orang, namun saat itu boat hanya terisi kurang setengah dari jumlah kursi penumpang.
Baru beberapa meter saja speed boat meninggalkan bibir pantai, goncangan sudah mengocok seisi perahu. Gelombang tinggi terus menemani selama kurang lebih 30 menit penyebrangan hingga akhirnya kami sampai di dermaga Banjar Nyuh. Disana kami sudah ditunggu oleh rekan kami yang akan menjadi guide menuju spot-spot yang sudah kami rencanakan. Untuk menjelajah pulau ini kami menyewa sepeda motor satu lagi selain sepeda motor milik guide kam.
Sepanjang perjalanan jarang sekali kami berpapasan dengan kendaraan lain, kondisi jalan berupa aspal tanpa marka jalan. Kondisi alamnya bisa dibilang gersang, berbeda seali dengan Bali yang hanya berjarak beberapa kilimeter saja, bahkan kondisinya seperti daerah-daerah di NTT dimana berupa perbukita kering dengan kondisi tanah kapur yang ditumbuhi alang-alang yang mengering berwarna kuning keemasan dan pohon-pohon yang hanya sanggup bertahan di kondisi tanah tandus. Kampung-kampung kecil jaraknya saling berjauhan.

Nusa Penida mungkin lebih dikenal sebagai lokasi dimana banyak terdapat spot diving, dengan keunikah ikan Mola-mola yang termasuk langka yang bisa ditemui di perairan Nusa Penida pada musim-musim tertentu saja. Namun itu mungkin hanya dikenal bagi para pencinta diving saja, sementara bagi kebanyakan orang pesonanya seperti terbenan oleh pulau Bali ataupun Nusa Lembongan yang jaraknya cukup berdekatan.
Satu hal lagi yang mungkin cukup dikenal dari Nusa Penida yaitu sebagai penghasil rumput laut. Disepanjang pesisir timur dan utara Nusa Penida kita bisa melihat pembudidayaan rumput laut. Dari pulau yang terpisah dari Bali daratan ini, rumput laut diekspor lewat Surabaya ke beberapa negara, di antaranya Jepang, Cina, Taiwan, dan Korea.
Karakteristik pantai di Nusa Penida berupa tebing-tebing terjal

Ada 4 lokasi menarik yang perlu anda kunjungi bila ke Nusa Penida: 

1. Pasih Uwug
Pasih Uwug terletak di sisi timur Nusa Penda yang berupa pantai dengan tebing-tebing tinggi disekitarnya yang meisahkan daratan dan lautan. Waktu tempuh ke lokasi ini dari dermaga Banjar Nyuh sekitar 1,5 jam. Keunikan tempat ini adalah terdapat cekungan besar yang menjorok ke daratan yang dikelilingi dinding tebing tinggi dimana terdapat lubang besar pada dinding tebing sehingga membentuk seperti jembatan yang memishkannya dengan lautan lepas. 
Sunggu pemandangan yang memukau bagi saya melihat keunikan tempat ini. Ombak yang datang silih berganti masuk melalui lubang di dinding tebing kedalam cekungan menyapu bebatuan karang di dasar cekungan. Waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat ini adalah menjelang matahari terbenam, dari sini kita bisa menikamti indahnya semburat jingga selepas mentari terbenam. Sayangnya pada saat saya kesini langit senjanya "flat" sehingga warna-warni senja tidak nampak.
Tebing di sekitar Pasih Uwug dengan ombak yang menghantam dinding tebing
Pasih Uwug

2. Pasih Andus
Lokasi  Pasih Andus cukup dekat dengan lokasi Pasih Uwug, hanya beberapa menit saja setelah Pasih Uwug. Yang menarik disini adalah adanya semburan air akibat hempasan ombak yang menghantam karang sehingga percikannya menyembur tinggi. Dari lokasi ini nampak begitu jelas Nusa Ceningan di sebelah timur. Selain keunikan semburan air tersebut, tebing-tebing tinggi disini juga begitu cantik. Tebing tinggi membentengi antara laut dan daratan membentuk cekungan dalam yang cukup memukau. 
Pasih Anus sendiri kalau diartikan berdasarkan bahasa lokal, berarti pantai yang airnya menyembur dimana Pasih berarti pantai sedangkan Andus berarti semburan, setidaknya itu yang dikatan guide kami Pak Bandem.

Semburan ombak yang menghantam karang di Pasih Andus
Antara narsis dan deg-degan takut jatuh di tebing Pasih Andus


3. Pantai Atuh
Pantai Atuh terletak di ujung barat daya Nusa Penida. Lokasinya benar-benar tersembunyi, untuk mencapai lokasi ini memerlukan waktu lebih satu jam dengan sepeda motor dan masih harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak diantara tebing dengan jurang dalam disisi kiri dan kanan. Kami ke lokasi ini untuk berburu sunrise, jadi susanan masih gelap dan hanya bermodal senter dari HP sebagai penerangan sehingga harus ekstra hati-hati melangkah. Angin saat itu lumayan kencang terlebih di atas tebing yang tinggi dan berbatasan dengan lautan. Pagi buta berangkat meninggalkan penginapan dan sempat turun gerimis diperjalanan. Perlahan kami menuruni tebing yang saat itu sudah dibuat tangga dari campuran pasir dan semen namun begitu curam. 
Keunikan pantai Atuh yaitu berupa bukit karang dengn bentuk yang sangat unik yang terletak kira-kira 200 meter dari bibir pantai.
Menanti Sunrise di Pantai Atuh
Keunikan bukit karang di pantai Atuh
Pemandangan dari atas tebing juga tidak kalah kerennya, di bawah tebing terlihat pantai pasir putih dengan beberapa bongkahan karang besar berbentuk piramid, sayangnya tidak ada akeses untuk turun kesana selain menggunakan perahu. Disini saya benar-benar kagum menyaksikan keindahan tempat ini, walaupun cukup susah untuk mengakses lokasi ini, namun terbayarkan oleh keindahannya.
Indahnya pemandangan dari atas tebing di Pantai Atuh

4. Crystal Bay
Berbeda dengan ketiga lokasi sebelumnya, Crystal Bay adalah pantai dengan pasir putih landai yang bisa kita akses sampai ke tepi pantainya dan memang merupkan lokasi yang banyak dikunjungi. Sekitar 100 meter dari tepi pantai terdapat bukit karang yang lagi-lagi berlubang dimana pada puncak bukit terdapat pura kecil. Lokasi ini menjadi lokasi snorkeling yang asik terbukti banyak dikunjungi bule-bule yang datang dari Nusa Lembongan dengan speed boat hanya untuk mampir untuk snorkeling dan beristirahat di restaurant yang ada di tepi pantai setelah lelah snorkeling. Untuk sampai ke lokasi ini diperlukan waktu sekitar 1 jam dari penginapan.
Di Crystal Bay kita bisa menyaksikan indahnya matahari terbenam di balik bukit karang yang ada di tengah laut. Saat kami datang kesini matahari masih begitu terik sehingga kami hanya duduk-duduk di warung sambil menikmati kelapa muda untuk menghilangkan dahaga. Beberapa saat setelah matahari mulai tergelincir ke timur, saya yang dari tadi sudah ingin bermain air akhirnya bisa bersenorkeling melihat ikan-ikan dan terumbu karang. Arus dan gelombang disini lumayan kuat sehingga saya tidak berani snorkeling di tempat yang dalam karena tidak menggunakan pelampung.
Ombak yang menghempas mengalir dari lubang bukit karang di Crystal Bay
Crystal Bay dengan bukit karang di tengah laut yang terdapat pura diatasnya
Sunset di Crystal Bay
Saat surut di Crystal Bay

Selain keempat lokasi tersebut, masih banyak lokasi lain yang menarik di Nusa Penida salah satunya Gua Giri Putri dimana terdapat pura didalamnya.
Nusa Penida memiliki begitu banyak pesona yang masih tersembunyi yang belum banyak diketahu para wisatawan dan pejalan. Bagi anda yang ingin mendapatkan pengalaman berbeda dan lokasinya tidak jauh dari Bali, mungkin bisa merencanakan untuk mengunjungi Nusa Penida.

Narsis di tebing Pantai Atuh

Tips: 
  • Untuk mencapai Nusa Penida bisa menggunakan speed boat dari Sanur dengan trafir Rp 75.000 sekali penyebrangan yang beroperasi sejak pagi hingga sore sebelum pukul 4. Selain itu bisa juga menggunakan kapal roro dari pelabuhan Padangbai menuju pelabuhan Sampalan di Nusa Penida.
  • Untuk penginapan banyak terdapat disekitar pelabuhan sampalan yang berlokasi strategis karena dekat dengan pasar dengan tarif antara Rp 100.000 - Rp 250.000 per malam.
  • Untuk kendaraan selama di Nusa Penida anda dapat menyewa sepeda motor dengan harga sewa Rp 75.000/hari.

Related Posts:
Wae Rebo, Tanah Impian Warisan Leluhur yang Masih Bertahan  
Blind Trip To Moyo Island
Pantai Pura Geger, Ini Baru "Hidden Beach"

28 comments:

  1. Itu yang foto menanti sunrise di Pantai Atuh cakep sekali Mas. Tapi posisi mataharinya persis ada di belakang karang berlubang itu ya? Eh iya, itu pakai shutter speed berapa detik sampai awannya bisa terlihat bergerak gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi mas, itu speed 20 detik mas. matahari agak ke kiri lagi, ketutup bukit yang di kirinya.

      Delete
  2. dahsyat foto2 nya euy.....setuju Nusa Penida indah bgt dan sepi nya itu lho sangat menyenangkan !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi mbak.. :)
      iya, memang sepi bgt, cari makan kalo udah kemaleman jadi susah.. hehee..

      Delete
  3. keren, kece, amazing....
    recomended for the next trip kayaknya niy :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya bakal terpesona kalo ngetrip kesini.. Hehee..

      Delete
  4. Indah sekali alam yang ada di Indonesia. Banyak keindahan alam yang masih tersembunyi. Seperti juga yang ada di bangka Belitung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. Jadi pingin ke Bangka-Belitung mbak.. :)

      Delete
  5. Perasaan waktu aku kesana ngak sekacep sesuai foto2 disini deh hahahah. Foto nya kakak keren banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung siapa yg kesana dong mas. kalo aku yg kesana pemandangannya jadi cakep kayak orangnya.. hahahaa..

      Delete
    2. Oh jadi maksudnya aku ngak cakep gitu ???? OK FINE Bye #melenggosTampan

      Delete
    3. Alhamdulillah ya kakak udah sadar sendiri tanpa harus aku jelaskan.. Hahahaa..

      Delete
  6. Replies
    1. Makasi mas :).
      Rincian pengeluarnnya: speed boat sanur-nusa penida 70k x 2 (PP), sewa motor 70k/hari, hotel 150k/malam.

      Delete
  7. Replies
    1. Wah.. Gak tau juga ya kalo dr Jatim habis berapa untuk kesini. Dikira2 aja transport Jatim-Dps PP berapa, tinggal tambah ongkos penyebrangan ke Nusa Penida, sewa motor disana dan penginapan disana seperti yg sudah ada ditulis di atas. :)

      Delete
  8. Wah ... Pantai2nya indah benerrr
    Yang paling unik menurut saya sih pantai uwug ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, pantainya indah2 dan masih sepi pengunjung.
      Pasih uwug memang unik bgt.
      Makasi udah mampir mas.. :)

      Delete
  9. Mau tny2 donk mas... kalo dr pantai atuh mau naik ke tebing lewat mana? Apa sudah ada petunjuknya?
    Hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk ke pantai atuh kita datangnya dari atas tebing, dari situ udah,dibuatin tangga untuk turun ke pantainya..

      Delete
  10. Kereenn! Pasir Atuh kaya Raja Ampat.. Ada tebing karang di tengah2 lautnya :))). Btw, waktu itu booking penginapannya on the spot atau jauh hari sebelumnya, mas? Ada rencana ke sana soalnya nopember besok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada referensi penginapan kah? Makasih sebelumnya

      Delete
    2. Untuk penginapan mungkin bisa cari on the spot. Saya lupa nama penginapan kemarin, lokasinya persis di depan pasar masuk gang dikit. Bangunannya nuansa bali..

      Delete
  11. maaf mas numpang promo dikit,,, bagi yang butuh informasi tentang nusa penida baik tempat wisata dan akomodasinya serta berminat sewa motor bisa hub. 085238548692. makasi...

    ReplyDelete
  12. maaf mas numpang promo dikit,,, bagi yang butuh informasi tentang nusa penida baik tempat wisata dan akomodasinya serta berminat sewa motor bisa hub. 085238548692. makasi...

    ReplyDelete
  13. nusa penida emang mantap, pemandangan tempat wisata di nusa penida beda dari tempat lainnya. Aku pernah ke nusa penida beberapa x, seneng banget ke sana. jadi kangen ke nusa penida lagi... Bali memang surganya tempat wisata. Gak heran kalau bali selalu mendapatkan penghargaan tiap tahunnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bali memang gak habis2 buat dieksplore. Nusa penidanya top bgt, pingin kesana lagi.. Makasi mbak udah mampir keseini.. :)

      Delete
  14. wahhhh keren abis mas mantap dah bisa sampe sore di situ eeeuuuyyyy

    ReplyDelete